Adaptasi di Era Digital

Berikut ini contoh perusahaan-perusahaan yang gagal dalam beradaptasi di era digital:
  1. Kodak
    • Tantangan yang dihadapi
      Kamera digital yang semakin berkembang.
    • Penyebab kegagalan
      Menahan diri untuk mengembangkan kamera digital karena takut mengorbankan lini produk terbaik yang dimiliki yakni bisnis film.
    • Hasil akhirnya
      Bangkrut di tahun 2012.
  2. Toys are Us
    • Tantangan yang dihadapi
      Tren perdagangan elektronik yang mulai berkembang.
    • Penyebab kegagalan
      Terlambat dalam mengembangkan sektor perdagangan elektronik.
    • Hasil akhirnya
      Bangkrut di tahun 2017.
  3. Disc Tarra
    • Tantangan yang dihadapi
      Adanya peralihan penjualan musik dari era analog ke digital.
    • Penyebab kegagalan
      Tidak siap mengantisipasi perubahan era dalam penjualan musik.
    • Hasil akhirnya
      Bangkrut di tahun 2016.
Sementara itu, berikut ini merupakan perusahaan-perusahaan yang berhasil beradaptasi di era digital:
  1. Burberry
    • Tantangan yang dihadapi
      Pertumbuhan perusahaan Burberry tidak sebesar perusahaan lain.
    • Langkah perubahan
      Mencoba untuk berpikir inovatif dengan meluncurkan merk dengan target baru.
    • Hasil akhirnya
      Total pendapatan meningkat.
  2. Lego
    • Tantangan yang dihadapi
      Hampir mengalami kebangkrutan di tahun 2004.
    • Langkah perubahan
      Restrukturisasi dan transformasi digital yang difokuskan pada sumber pendapatan baru yang berasal dari film dan aplikasi seluler.
    • Hasil akhirnya
      Mencapai margin EBITDA sebesar 37.1% pada tahun 2014 dan adanya film Lego yang memiliki pendapatan sekitar $468 juta.
  3. CNN
    • Tantangan yang dihadapi
      Awalnya hanya penyiar berita televisi. Pada tahun 1995, diluncurkan situs web interaktif. Namun, dibutuhkan perancang situs web dan editor konten yang mencari tahu cara terbaik untuk menyajikan informasi.
    • Langkah perubahan
      Adanya kompetensi lain yang dibutuhkan dalam menyampaikan berita, seperti kompetensi literasi digital dan pemahaman yang komprehensif terkait pasar digital.
    • Hasil akhirnya
      CNN memiliki akun Twitter dan aplikasi mobile pada ponsel pintar dan tablet.

Dari berbagai perusahaan yang gagal dan berhasil, kita dapat belajar beberapa hal yaitu:
  • Perusahaan Gagal
    • Penyebab
      Terlalu nyaman dengan zona yang dimiliki sehingga tidak melihat kebutuhan di masa depan, akibatnya perusahaan gagal beradaptasi dengan tuntutan zaman.
    • Pengaruh
      • Rendahnya keterbukaan untuk belajar.
      • Kreatifitas dan inovasi yang buruk.
      • Kecerdasan berbisnis yang kurang matang.
  • Perusahaan Berhasil
    • Penyebab
      Perusahaan dapat beradaptasi dan tidak terlena dengan zona nyaman. Lalu perusahaan tersebut juga belajar terhadap pergeseran tren dan kebutuhan dimasa mendatang.
    • Pengaruh
      • Memiliki kecerdasan berbisnis.
      • Memiliki analisis keputusan yang tepat.
      • Mampu berinovasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kultur Organisasi

Teknik Komunikasi Interpersonal

Mengenal EBITDA